background img
fULL BENNER 1
Pengadilan Tinggi Tanjung Karang Sosialisasikan “DILAN” Digital Melayani

Pengadilan Tinggi Tanjung Karang Sosialisasikan “DILAN” Digital Melayani

BALI,  – Peran para admin IT di masing-masing pengadilan harus terus melakukan inovasi pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan, agar tidak ditinggalkan oleh perubahan. Dimana para admin IT merupakan tulang punggung pengadilan dalam pelayanan di era revolusi industri 4.0.

Hal itu dikemukakan Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar Zaid Umar Bobsaid pada acara sosialisasi Dilan (digital melayani)  yang di selenggarakan di Pengadilan Negeri Gianyar Bali, Rabu (15/1/2020).

Acara ini dikhususkan untuk kasubag IT, Pranata Komputer dan petugas admin IT seluruh Satker Pengadilan Negeri se-Bali.

“Peran para admin IT di masing-masing pengadilan harus terus melakukan inovasi pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan, agar tidak ditinggalkan oleh perubahan,” jelas Ketua PT Denpasar.

Sementara itu pembicara Hj. Diah Sulastri Dewi dari Pengadilan Tinggi Tanjung Karang menyampaikan tentang inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Tanjung Karang dalam memudahkan pelayanan bagi masyarakat yang berurusan dengan pengadilan di wilayah hukum Lampung.

“Dilan merupakan kepanjangan dari Digital Melayani, yang merupakan inovasi pelayanan publik yang bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan berbasis teknologi informasi,” terang Hakim Tinggi Tanjung Karang ini.

Diah Sulastri Dewi mempersilahkan kepada seluruh satker pengadilan di Bali untuk mengadopsi inovasi-inovasi yang telah digunakan oleh Pengadilan Tinggi Tanjung Karang,  dengan terlebih dahulu melakukan pengamatan terkait inovasi mana yang cocok untuk diterapkan di Bali dan kemudian dimodifikasi sesuai dengan keperluan dan kebutuhan masing-masing satker pengadilan.  

“Terhadap inovasi-inovasi yang telah diterapkan oleh masing-masing satker pengadilan tersebut diperlukan adanya monitoring dan evaluasi oleh sebuah Tim Pokja yang dibentuk oleh ketua pengadilan” ujarnya.

Invonasi tersebut masih kata Sulastri Dewi tidak harus sesuatu yang mahal dan menguras finansial, tetapi cukup dengan inovasi yang sederhana, murah tapi bermanfaat tinggi bagi masyarakat pencari keadilan.

Sementara itu Ketua Pengadilan Negeri Gianyar, Ida Ayu Sri Adriyanthi Astuti Widja mengaku bangga terhadap Pengadilan Tinggi Denpasar yang telah memilih Pengadilan Negeri Gianyar sebagai tuan rumah dalam acara sosialisasi Digital Melayani.

Dengan demikian beberapa inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Tanjung Karang nantinya bisa diadopsi oleh masing-masing satker pengadilan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

“Karena Dilan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas proses pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, mengurangi celah praktek korupsi, kolusi, nepotisme, meningkatkan transparansi pelayanan publik serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan, akses informasi kepada masyarakat semakin cepat dan akurat,” ujar Ketua PN Gianyar  (spn/bd)


Berita Lainnya
Bawah 32 Square bawah bawah 34 Square samping 3