background img
bank bjb
Polres Purwakarta Segel Tambang Ilegal di Citapen Sukatani

Polres Purwakarta Segel Tambang Ilegal di Citapen Sukatani

PURWAKARTA,- Aktivitas galian tambang tanah merah di Kampung Citapen Desa Sukajaya Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta akhir-akhir ini kerap membuat resah warga sekitar dan para pengendara yang melintas jalan nasional Bandung-Purwakarta.

Betapa tidak, material tanah merah yang biasa diangkut ratusan truk galian tambang tanah merah tersebut kerap berceceran di jalan nasional itu. Akibatnya, badan jalan menjadi kotor, terlebih saat musim hujan, permukaan jalan jadi licin sehingga membahayakan pengendara yang melintas.

Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius melakukan inspeksi dadakan  ke lokasi galian tanah tersebut. Usai mengecek lokasi tersebut, polisi menutup  lokasi galian tambang di Purwakarta itu.

“Kami sedang lakukan penyelidikan yang kaitannya tentang prosedur penggalian ini operasinya dan pengangkutannya bagaimana. Supaya, material tanah tak bercecer di aspal dan perlu adanya tim pembersihnya,” ujar Matrius di lokasi, Rabu (29/1/2020).

Tak hanya lakukan penyelidikan, Matrius juga menambahkan pihaknya akan memperdalam terkait perizinan tanah merah tersebut. Sebab, kata Matrius, masalah perizinan ada di tingkat provinsi sehingga perlu ada pengecekan satu per satu.

“Kalau jelas tak ada izin kami bakal tegakkan hukum. Dan kami minta masalah kemarin (berceceran tanah) tak terulang lagi,” katanya.

Selain itu, kata Matrius, Polres Purwakarta bakal memanggil pemilik lahan dan penggali untuk meminta tak melakukan hal sama. Matrius juga mengungkapkan tanah merah hasil galian ini dibawa ke luar Purwakarta.

“Pokoknya penutupan galian tanah ini sampai kami tahu kalau ini legal atau ilegal serta standar prosedur operasional (SOP),” ucapnya.

Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor