background img
bank bjb
Polres Purwakarta Berhasil Ungkap Modus Baru Curanmor

Polres Purwakarta Berhasil Ungkap Modus Baru Curanmor

PURWAKARTA,- Pemilik kendaraan bermotor diminta lebih waspada agar kendaraan bermotornya bisa tetap terjaga dan aman dari para pelaku tindak pidana pencurian maupun penipuan.

Pasalnya, selain rawan pencurian, kendaraan bermotor juga kini jadi mangsa para penipu yang gentayangan melancarkan aksinya. Modusnya bisa bermacam-macam, bisa berupa jual beli, gadai, sewa atau hanya sekedar pinjam dan membawa lari motor.

Seperti yang terjadi belum lama ini, Polres Purwakarta berhasil membekuk dua tersangka kasus penipuan dan penggelapan kendaraan bermotor roda dua yang dilakukan dua tersangka US (23) dan UA (25).

Dalam menjalankan operasinya keduanya pura-pura membeli sepeda motor. Kemudian satu tersangka pura-pura membeli sepeda motor dan mencoba mengecek kondisi sepeda motor milik korban. Sementara satu tersangka lain pergi ke ATM seolah-olah mau mengambil uang untuk melakukan pembayaran motor korban.

“Ketika korban lengah, kedua tersangka membawa kabur sepeda motor milik korban,” ujar Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius dalam konferensi pers di Aula Mapolres Purwakarta, Jumat (31/1).

Selain berhasil mengamankan kedua tersangka, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti sepeda motor yang sebelumnya berhasil dibawa kabur tersangka.

Kapolres menambahkan, awal mula terungkapnya kasus ini pihaknya menerima laporan dari korban kemudian dilakukan pengembangan, dan pada akhirnya kedua tersangka berhasil dibekuk.

“Baik korban maupun tersangka merupakan warga Purwakarta, dan mereka juga diamankan di sekitar di Purwakarta. Atas perbuatannya tersebut, kedua tersangka dikenakan pasal 378 dan 372 dengan ancaman 4 tahun penjara,” katanya.

Di sisi lain, jajarannya juga mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor, setidaknya empat tersangka berhasil diamankan. Menurutnya, pencurian kendaraan bermotor ini dilakukan di rumah-rumah penduduk dengan kondisi motor berada di halaman atau teras rumah.

“Para pelaku ini melakukan aksinya sekitar pukul 01.00 sampai 03.00 WIB. Mereka gunakan kunci T untuk merusak lubang kunci kontak motor. Jika lubang kuncinya tertutup maka pelaku gunakan kunci magnet buat membukanya,” kata Kapolres.

Sementara terkait aksi pelaku lainnya dalam melancarkan tindak kejahatannya ini, Matrius mengatakan mereka terlebih dahulu sudah memantau situasi dan kondisi tempat yang menjadi targetnya.

“Jadi, mereka itu berkeliling dulu cari rumah buat targetnya yang memang ada motor terparkir di teras rumah,” ucapnya.

Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor