background img
bank bjb
Kejari Purwakarta Diminta Periksa Mantan Kades Rawasari Plered diduga Dana Desa 2019 di Kontraktual

Kejari Purwakarta Diminta Periksa Mantan Kades Rawasari Plered diduga Dana Desa 2019 di Kontraktual

PURWAKARTA,Ketua ormas Manggala Garuda Putih Purwakarta Ramdan Juniar sangat menyayangkan lemahnya pengawasan Dana Desa di Kabupaten Purwakarta.

Menurutnya,pengawasan DD tersebut jangan hanya sekedar formlalitas dan  Inspektorat harus dapat benar-benar maksimal dalam pengawasan.

Seperti halnya terjadi, pembangunan gapura desa yang bersumber dari Dana Desa tahap II tahun 2019 di Desa Rawasari Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta tidak rampung,dugaan pembangunan tersebut dikontraktualkan oleh mantan kepala desa.

"Jelas program ini sudah melanggar Peraturan Mentri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia, Nomor 16 Tahun 2018 pada Bab II Tujuan dan Prinsip di Pasal 3 huruf F yang berbunyi, Swakelola mengutamakan kemandirian Desa dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan Desa yang dibiayai Dana Desa,"ungkap Ramdan,Minggu,(16/2/2020).

Menurut Ramdan, tindakan mantan kades ini tidak terlepas dari sikapnya yang tidak transparan dalam pengelolaan Dana Desa. Ia memberikan contoh pembangunan yang tidak tuntas dikerjakan hingga sekarang.

"Karena itu, kami minta kejaksaan Purwakarta periksa mantan Kades Rawasari agar tidak ada kesan pembiaran dan memberikan peluang untuk melakukan tindak pidana korupsi,"tegasnya.

Informasi yang berhasil dihimpun dilapangan menyebutkan,pembangunan gapura tersebut dijerjakan oleh kontraktor yang belum rampung,namun kontraktor pelaksana pembangunan sudah meninggalkan lokasi pembangunan.

Saat dikonfirmasi awak media,Jum'at ,(14/2/2020) mantan Kepala Desa Rawasari,Nurlatif mengakui pembangunan Dana Desa tahap II tahun 2019 dikerjakan oleh kontraktor

"yang mengerjakan juga orang media  Erwin, meminta ke saya,dan bukan sekali dua x dengan Dia,"ungkapnya.


Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor