background img
bank bjb
Polres Abdya Aceh Tanam Mangrove di Pantai Lama Tuha

Kapolres Abdya AKBP Moch Basori Menyerahkan Mangrove Kepada Asisten Administrasi Umum Untuk Ditanam. Foto: Sinar Pagi News/Yusnizar

Polres Abdya Aceh Tanam Mangrove di Pantai Lama Tuha

Aceh Barat Daya - Polres Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Jumat (21/2/2020) menanam Mangrove di kawasan Pantai Gampong Lama Tuha Kecamatan Kuala Batee Kabupaten setempat.
 
"Alhamdulillah. Hari ini kami bisa menanam 1.500 batang Mangrove di kawasan Pantai Lama Tuha,"ucap Kapolres Abdya AKBP Moch Basori kepada Wartawan di lokasi penanaman itu, Jumat (20/2/2020).
 
Moch Basori menjelaskan, kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Provinsi Aceh dengan tujuan untuk membangun kepedulian masyarakat tentang manfaat tanaman dimaksud.
 
Kemudian kata Moch Basori, penanaman Mangrove dilakukan juga untuk mendongkrak perekonomian rakyat terutama di kawasan ini dan tentunya untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga dengan baik serta penguatan ekonomi masyarakat pesisir Abdya ini.
 
"Program penanaman ini akan terus berlanjut, hari ini ada 1.500 batang Mangrove kita tanam. Kenapa di Lama Tuha karena tanaman ini cocok di daerah ini,"katanya. Untuk mendukung kegiatan ini, pihaknya melibatkan anggota sekitar 150 Personel dan anggota pramuka 25 orang, anggota Tagana 30 dan Personel TNI AL.
 
Bupati Abdya Akmal Ibrahim yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Nyak Seh,SH dalam laporan menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan pada hari ini. 
 
Menurutnya, terkait dengan kegiatan penghijauan ini tentunya pihaknya juga berterima kasih kepada segenap Polri dan jajarannya dalam lingkup Kabupaten Aceh Barat Daya yang telah berkontribusi dan ikut memelihara keasrian wilayah pesisir pantai dengan melakukan penghijauan melalui penanaman bibit pohon Mangrove. 
 
Dijelaskan bahwa, sebagai negara kepulauan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas hutan mangrove terbesar di dunia. Hutan mangrove memiliki peranan penting dan manfaat yang banyak baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir.
 
Ia menjelaskan, Pohon Mangrove memiliki fungsi mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Selain itu Pohon Mangrove juga mempunyai beberapa keterkaitan dan kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan manusia, baik fungsinya dalam penyediaan bahan pangan, papan, kesehatan, dan untuk lingkungan. Dan Kabupaten Aceh Barat Daya merupakan salah satu wilayah yang sebahagian  penduduknya bermukim di pesisir pantai.
 
"Kami berharap nantinya kegiatan ini tidak sebatas seremonial saja, mengingat dalam kurun waktu dua tahun terakhir wilayah pesisir pantai di Abdya rutin terjadi abrasi. Melalui penanaman bibit Mangrove akan sangat efisien dalam upaya melindungi tanah di wilayah pesisir, sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat air laut,"katanya.
 
Hadir dalam kegiatan itu, anggota Forkopimda setempat, Kepala SKPK, Camat dan masyarakat Kuala Batee, ratusan Personel Polri, TNI serta anggota Tagana.(Mg7)
Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor