background img
bank bjb
Tahanan Wanita Kabur Saat Akan Menjalani Sidang di PN Bandung

DR. Lilis Yuaningsih SE,M.Si, Kepala Kepala Rutan Wanita Bandung

Tahanan Wanita Kabur Saat Akan Menjalani Sidang di PN Bandung

BANDUNG, – Tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung, Serli Herawati perkara kasus pencurian, kabur sesaat setelah turun dari mobil tahanan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (27/2/2020).

Awalnya para petugas penjaga tahanan tidak sadar kalau ada salah satu tahanan yang kabur, namun setelah dihitung ternyata kurang satu. Serli diduga menyelinap di kerumunan para pengunjung sidang.

Serli Herawati PNS di salah satu rumah sakit di kota Bandung ini didakwa dengan pasal 362 dengan jaksa Fransisca, SH. Saat itu Serli dijemput petugas Kejari Bandung dari Rutan Perempuan Bandung menuju Pengadilan Negeri Bandung untuk menjalani sidang.

Informasi yang berhasil dihimpun, kejadian kaburnya tersangka terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat itu, petugas pengawal tahanan membawa 16 tahanan wanita dan dua tahanan anak dari Rutan Perempuan Bandung.

Sementara itu Kepala Kepala Rutan Wanita Bandung Lilis Yuaningsih membenarkan tahanannya kabur. Namun demikian pihak rutan tidak bertanggung jawab atas kaburnya tahanan itu. “Karena posisi status (tahanannya) di Kejaksaan. Kita ada berita acara pengeluarannya (dari rutan ke Kejaksaan),” kata Lilis.

Lilis meminta soal tahanan kabur ini, dapat dikonfirmasi ke pihak kejaksaan yang melakukan pengawalan terhadap tahanan itu. “Jadi tanya aja ke kejaksaan. SOP-nya dijalankan enggak?,” katanya.

Tahanan itu, baru berada di rutan wanita Bandung, terhitung selama 20 hari, menunggu untuk disidangkan dan selama di rutan yang bersangkutan berkelakuan baik.

Kasipenkum Kejari Jabar Abdul Muis Ali belum mengetahui informasi tersebut. “Saya belum tahu infonya yah, coba ke kasi Pidum ” ujarnya

Sementara itu, Kepala Kejari Bandung Nurizal Nurdin mengaku belum tahu kasus tahanan wanita kabur tersebut. Dia meminta wartawan untuk mengkonfirmasi kepada Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Bandung Guntur Wibowo.

“(Konfirmasi) dengan Kasipidum saja ya. Saya masih di luar. Saya juga belum tahu beritanya,” kata Nurizal.

Hingga berita ini diturunkan belum ada konfirmasi dari Kasi Pidum. Beberapa kali wartawan coba mengkonfirmasi melalui sambungan teleponnya, namun tidak ada jawaban. (spn/bd).


Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor