background img
Warga Bekasi Deklarasi Bumikan Pancasila

Warga Bekasi Deklarasi Bumikan Pancasila

BEKASI - Gerakan membumikan Pancasila yang dilakukan para tokoh dan masyarakat Kota Bekasi di Stadion Chandrabaga, Kota Bekasi berjalan semarak dan kondusif, Selasa (3/3/2020).
 
Deklarasi tersebut bertujuan untuk lebih memperkuat nilai-nilai Pancasila di kalangan masyarakat. 
 
Hadir Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, Wali Kota Bekasi, Wakil Walikota Bekasi, Pejabat Negara, Aparatur Sipil Negara (ASN), tokoh Agama, Komunitas dan tokoh masyatakat.
 
"Kami ingin sosialisasi Gerakan Pembumian Pancasila ini langsung ke grass root atau ke masyarakat. Jadi, sosialisasi Pancasila tidak dibatasi oleh sekat-sekat ruang elit, tapi kita melibatkan ruang partisipasi masyarakat secara luas, dan besok, akan ada deklarasi membumikan pancasila yang dihadiri oleh ribuan tokoh dan warga Kota Bekasi," kata Ketua Tim Revitalisasi Dan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila Kota Bekasi, Abdul Manan.
 
Menurut Manan, pihaknya membumikan Pancasila tak hanya sekadar dalam konteks kemasan yang serius dan menjemukan masyarakat, tapi mereka ingin pula membuat konsep yang menghibur. Semuanya dalam kerangka bahwa gerakan Pancasila mesti digaungkan secara konsisten agar tidak tergeser oleh ideologi-ideologi lain.
 
Dalam kaitan itu, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyambut positif kegiatan deklarasi tersebut. Masyarakat, katanya, mesti mengetahui dan memahami bahwa Pancasila adalah ideologi negara yang sudah final dan lahir berdasarkan kesepakatan bersama seluruh elemen bangsa.
 
"Deklarasi ini sangat penting, melalui gerakan ini masyarakat harus paham bahwa Pancasila sebagai dasar negara yang lahir berdasarkan kesepakatan seluruh bangsa Indonesia dari berbagai macam agama dan komunitas, sudah tidak boleh diganggu gugat," tegasnya.
 
Ia menyatakan, tidak boleh ada keraguan terhadap Pancasila sebagai sebuah ideologi negara dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara.
 
"Saya hanya ingin menegaskan bahwa hari ini kita adalah pewaris yang sah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak boleh ada keraguan terhadap Pancasila sebagai landasan ideologi negara, sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara," katanya yang mengapreasi deklarasi.
 
Sementara itu, anggota DPR RI Dapil Kota Bekasi dan Kota Depok Fraksi PDI Perjuangan, Sukur H. Nababan menghadiri acara Deklarasi Membumikan Pancasila di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi.
 
Dalam sambutannya, Sukur Nababan  menyampaikan, dengan Membumikan Pancasila di Kota Bekasi, Indonesia khususnya kiota Bekasi adalah rumah untuk kita semua yang mengedepankan Pluralisme dan Toleransi.
 
Sukur juga menegaskan agar seluruh rakyat Indonesia harus mengamalkan Nilai-nilai Pancasila yang terkandung didalam setiap Sila Pancasila bahwa setiap orang punya hak yang sama dalam menjalankan ibadahnya sesuai keyakinannya dan wajib mengutamakan Persatuan, sehingga dapat terciptanya kedamaian dan menjadikan seluruh rakyat Indonesia makmur sentosa.
 
Di akhir pidato, Sukur Nababan ditutup dengan menyanyikan Pancasila Rumah kita yang diiringi oleh artis Silangit. (M. Adi)
Berita Lainnya
pemda brebes Pemda Brebes 2 Pemda Brebes 3 Pemda Brebes 4
Square bawah 5 Square bawah 6 Square bawah 7 Square bawah 8
Bawah 34 SMK pa Asep Bawah 34 Pemda Sukabumi