background img
fULL BENNER 1
Tim Dinas SDM Jawa Barat Tutup Galian Tanah Merah Ilegal Di Purwakarta

Tim Dinas SDM Jawa Barat Tutup Galian Tanah Merah Ilegal Di Purwakarta

PURWAKARTA, -- Ratusan Truk pengangkut tanah merah dari galian tanah tanpa ijin berlokasi di Citapen, Desa Sukajaya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat terpaksa berhenti beroperasi.

Sebab galian tanah merah itu kerap meresahkan dan berdampak terhadap lingkungan sehingga oleh pihak satpol PP Kabupaten Purwakarta bersama tim dinas SDM Provinsi Jawa Barat menutupnya pada Kamis (11/06/2020).

Datangnya tim tersebut kelokasi galian langsung membentangkan spanduk, dalam spanduk itu bertuliskan,"lokasi penambangan tidak memiliki Ijin Usaha Pertambangan (IUP) agar menghentikan kegiatan penambangan dan mengajukan perizinan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku". Tegas dalam spanduk tersebut.

Dilokasi yang sama, Kasi Dalops Satpol PP Kabupaten Purwakarta, Teguh Juarsa menegaskan kepada wartawan, kegiatan penutupan dilakukan gabungan,selain Satpol PP juga melibatkan Dinas ESDM Propinsi Jawa Barat.

Pihaknya juga meminta kepada pengelola galian tambang itu menempuh perijinan. "Kami lakukan penghentian kegiatan tambang dan meminta kepada pihak pengelola untuk menempuh perijinan sesuai peraturan yang berlaku," pungkas Teguh.

Sebelumnya, warga di sekitar galian tanah merah ilegal itu mengeluhkan aktivitas galian yang menggangu lingkungan setempat serta pengguna jalan karena bisa membahayakan

"Kalau panas itu debu nya sampai ke sini dan kalau hujan jalan licin akibat dari tanah yang berjatuhan dari muatan truk pembawa tanah dari galian ilengal itu," ungkap salah satu Warga Sukajaya pada wartawan
(Ms)

Berita Lainnya
bawah 32 bawah 33 bawah 34 Square samping 3