background img
bank bjb 1
Pembangunan Tower Sutet 500 kV Di Desa Cikumpai Purwakarta Tak Miliki Ijin

Pembangunan Tower Sutet 500 kV Di Desa Cikumpai Purwakarta Tak Miliki Ijin

PURAKARTA , Pembangun tower Sutet kV 500 di Desa Cikumpai Kecamatan Cempaka hingga kini belum memiliki ijin seperti restribusi dan IMB dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta, proyek yang dibangun oleh PT PLN itu diatas tanah lahan Perkebunan PTP VIII Cikumpai dan tanah masyakat setempat, kini berbagai pertanyaan yang timbul dikalangan masyarakat setempat.

Pasalnya, Proyek tersebut dibangun tanpa memiliki ijin yang berkaitan dengan pembangunan Tower Sutet kV 500, ujar salah seorang warga yang tidak mau disebut indentitasnya pada wartawan spn.com ketika lakukan infestigasi kelapangan. Warga disekitar areal proyek itu menghatirkan dampak dari radiasi sutet itu kedepan, jika terjadi seperti itu, siapa yang betanggung jawab ujarnya.

Sementara itu, sejumlah pekerja yang ditemui dilapangan tak satupun mereka memberikan keterangan berkaitan Ijin pendirian Tower sutet tersebut, mereka mengarahkan untuk mengkonfirmasikan ke pihak PT PLN cabang Cawang Jakarta .

Ketika spn.com mengkonfirmasikan pada Humas PT PLN Cabang Cawang Jakarta, Ayu lewat Whatsapp nya mengirimkan data tertulis menyebutkan,
Kami sampaikan informasi dari manajemen
1. Dengan memperhatikan Surat Direktur Jenderal Pajak Daerah dan Retribusi Daerah no S-238/PK.3/2013 tanggal 11 Juli 2013 perihal pengenaan retribusi Izin Mendirikan Bangunan PT PLN (Persero) Untuk pembangunan transmisi (tower dan jaringan S/SUTET) yang dilaksanakan oleh PT PLN (Persero) selama ini tidak pernah dikenakan retribusi daerah termasuk retribusi IMB dengan pertimbangan bahwa Transmisi yang dibangun PLn selaku BUMN, adalah infrastruktur Program Pemerintah dalam mengatasi krisis energi dan memenuhi rasio elektrifikasi yang merupakan tanggungjawab pemerintah sesuai Amanah UUD 1945 yang bertujuan mencerdaskann dan mensejahterakan kehidupan bangsa.

3. Pengurusan izin tata ruang proyek SUTET 500kV Indramayu - Cibatu Baru sudah dilakukan sebelum proses izin penetapan lokasi dimana dibuktikan dengan telah terbitnya dokumen tersebut yang dikeluarkan oleh Distarkim Purwakarta
4. Proses perizinan penetapan lokasi proyek SUTET yang merupakan program strategis nasional (PSN) dilakukan melalui pemerintah provinsi
5. Izin lingkungan pembangunan SUTET merupakan syarat mutlak permohonan izin penetapan lokasi proyek dan Dokumen Lingkungan untuk kegiatan tersebut telah disetujui oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat serta Izin Lingkungan efektif yang telah diterbitkan oleh Lembaga OSS.
Jadi, terkait pembangunan SUTET tersebut sudah memenuhi semua kriteria persyaratan pembangunan
(Ms)

Berita Lainnya
PDAM bdg Beebopp pa erwin purwakarta 2 ASEP PRESIDEN