background img
BJB 2017
Bambang Sadono : Semua Fraksi di DPR Sepakat GBHN akan Dijadikan UU

Bambang Sadono : Semua Fraksi di DPR Sepakat GBHN akan Dijadikan UU

BREBES - Ketua Badan Pengkajian MPR RI, Dr Bambang Sadono menyatakan semua fraksi di DPR RI sudah sepakat mengembalikan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) ke dalam sistem ketata negara Indonesia.

Hal itu terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat Dengan Masyarakat, di Aula Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Jumat (10/11) lalu. Rapat tersebut mengusung tema Reformulasi Sistem Perencanaan Pembangunan Dengan Model GBHN.

Menurut Bambang, saat ini DPR telah menyepakati GBHN akan dijadikan Undang-undang (UU). Sebab, saat ini MPR tinggal membuat dan merumuskan konsep dari GBHN saja.

"Semua fraksi dan kelompok menyetujui model GBHN dikembalikan ke sistem ketatanegaraan. Sementara terkait pro kontra antar fraksi yang menginginkan GBHN dijadikan UUD, TAP MPR telah selesai. Semua sepakat akan dijadikan UU baik DPR, MPR maupun Presiden,"ujarnya dalam keterangan yang diterima Sinarpaginews.com.

Dijelaskan, saat ini GBHN akan diproyeksikan sebagai kaidah dalam pembangunan nasional untuk jangka panjang mupun pendek. Sehingga, lanjut dia, ketika GBHN sudah ditetapkan menjadi UU, pembangunan bangsa akan matang.

"Nantinya pembangunan nasional akan dijangka dalam waktu lima tahun atau sepuluh tahun kedepan. Hal ini agar dalam setiap perencanaan pembangunan berjalan matang,"tegasnya.

Pada penghujung acara Bambang Sadono memberikan formulir kepada peserta forum untuk menyampaikan gagasan dan pendapat berkaitan sistem perencanaan pembangunan nasional dengan model GBHN.

"Paling tidak saya tahu apakah pendapat masyarakat dikabupaten Brebes sama dengan pendapat masyarakat didaerah lain dan nanti saya akan baca satu persatu,"Pungkasnya.(rbn)

Berita Lainnya
IKLAN BABEL 5 IKLAN TAHUN BARU ISLAM RADIO THOMSON1 HARI TAHUN BARU ISLAM
Hotel Pasa baru IKALAN KANG ERWIN IKLAN BABEL PPP IKLAN PARTAI DPI BABEL