background img
BJB 2017
Peran Penting dan Minimnya Partisipasi Kades Dalam Pelantikan Anggota PPS

Peran Penting dan Minimnya Partisipasi Kades Dalam Pelantikan Anggota PPS

MAJALENGKA - Di akhir acara usai melantik dan mengambil sumpah 1.029 anggota panitia pemungutan suara (PPS) pemilihan gubernur dan wakil gubernur jawa barat serta pemilihan bupati dan wakil bupati majalengka tahun 2018 bertempat di gedung islamic center sabtu(11/11).

Ketua kpu majalengka Supriatna S. Ag menyampaikan selamat kepada anggota pps yang baru dilantik dan terpilih,agar dalam menjalankan tugasnya tunduk kepada peraturan dengan penuh tanggungjawab dan memiliki sikap independen, netralitas, integritas dan profesional dalam pengelolaan tahapan pemilu.

ketua kpu menambahkan tugas berat pps adalah mengelola pemutakhiran data pemilih yang berpotensi tidak terdaftar dalam daftar pemilih atau belum memiliki E ktp atau data kependudukan,dan pemilih memiliki ktp atau kk ganda serta rendahnya partisipasi masyarakat atau parpol mengkroscek daftar pemilih. Pps harus memperhatikan kualitas sdm dan mentaati semua prosedur pemutakhiran semua data pemilih dengan memberikan pelayanan yang adil, setara kepada semua parpol dan peserta pemilih, agar mereka dapat menunaikan hak politiknya secara rasional, cerdas dan mandiri sehingga tidak tercederai aspek aspek prosedural yang tidak bertanggung jawab seperti praktek money politik ungkapnya.

Ketua kpu Supriatna S. Ag megaskan silahkan berkoordinasi dengan kepala desa masing masing karena pps dengan kepala desa atau lurah memiliki peran penting yaitu pps harus meminta 3 (tiga) calon sekertaris dan 4 (empat)staf sekretariat yang di angkat dan sk nya dari kepal desa atau lurah sehingga penyaluran anggaran tidak terhambat. Minimnya partisipasi para kepala desa dan lurah dalam acara pelantikan pps ini, saya merasa kecewa karena banyak kepala desa yang tidak hadir tapi mungkin mudah mudahan di karenakan kesibukan yang tidak bisa di tinggalkan." tambahnya. (abi cris/irwanto)

Berita Lainnya
IKLAN BABEL 5 IKLAN TAHUN BARU ISLAM RADIO THOMSON1 HARI TAHUN BARU ISLAM
Hotel Pasa baru IKALAN KANG ERWIN IKLAN BABEL PPP IKLAN PARTAI DPI BABEL