background img
BJB 2017
Disduk Capil Kota Sukabumi akan Menyelesaikan E-KTP Sebelum Pelaksanaan Pilkada Serentak

Disduk Capil Kota Sukabumi akan Menyelesaikan E-KTP Sebelum Pelaksanaan Pilkada Serentak

SUKABUMI - Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, akan menyelesaikan E-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elekronik) warga masyarakat Kota Sukabumi, sebelum pelaksanaan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018, yakni Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023. Dengan demikan, seluruh warga masyarakat Kota Sukabumi yang menggunakan Suket (Surat Keterangan) KTP, sebelum pelaksanaan Pilkada tersebut akan diganti dengan E-KTP.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. menjelaskan, saat ini Disdukcapil Kota Sukabumi memiliki sebanyak 6.000 blangko E-KTP, baik untuk mengganti Suket KTP yang digunakan oleh warga masyarakat maupun untuk yang baru membuat. Dijelaskan pula, biasanya Disdukcapil Kota Sukabumi hanya mendapat pasokan sebanyak 2.000 blangko E-KTP dari Pemerintah Pusat. Namun Disdukcapil Kota Sukabumi terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), agar Kota Sukabumi diberi dispensasi pasokan blangko E-KTP lebih banyak, karena akan menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2018. Hasilnya cukup memuaskan dan menggembirakan semua pihak, karena Disdukcapil Kota Sukabumi mendapat pasokan sebanyak 6.000 blangko E-KTP, untuk dicetak dan didistribusikan kepada warga masyarakat Kota Sukabumi, melalui Kecamatan dan Kelurahannya masing-masing.

Selain itu juga dijelaskan, warga masyarakat Kota Sukabumi yang mengajukan permohonan pembuatan E-KTP, dalam setiap harinya terus bertambah, yakni antara 85 sampai dengan 100 orang, karena warga masyarakat yang berusia 17 tahun dalam setiap harinya terus bertambah. Lebih jauh Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi menjelaskan, pada akhir tahun 2017, warga masyarakat Kota Sukabumi yang mengajukan permohonan pembuatan E-KTP mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni hampir mencapai 92 persen. Demikian pula Akta Kematian, mengalami peningkatan hingga 70 persen. Karena Disdukcapil Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal merealisasikan program Si Jempol (Siap Jemput Bola) Pembuatan Administrasi dan Dokumen Kependudukan khususnya KK dan E-KTP.

Selanjutnya dijelaskan, dalam tahun 2018 ini, Disdukcapil Kota Sukabumi akan meningkatkan pelayanan kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya dalam pembuatan Administrasi dan Dokumen Kependudukan, melalui program Si Jempol, yakni dari yang semula dalam setiap bulan dilaksanakan satu kali menjadi dua kali. Disamping itu, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi juga menghimbau kepada seluruh lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi yang sudah wajib memiliki E-KTP, agar pro aktif membuat Dokumen Kependudukan, khususnya KK (Kartu Keluarga) dan E-KTP. Sebab Dokumen Kependudukan tersebut sangat penting dimiliki oleh setiap warga masyarakat, untuk berbagai kepentingan, seperti untuk membuat Paspor, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan serta yang lainnya.

Berita Lainnya
IKLAN BABEL 5 IKLAN TAHUN BARU ISLAM RADIO THOMSON1 HARI TAHUN BARU ISLAM
Hotel Pasa baru IKALAN KANG ERWIN IKLAN BABEL PPP IKLAN PARTAI DPI BABEL