background img
Leaderboard BJB 2018
Drg Donna Pratiwi Mengemban Misi Moril #IndonesiaFreeCaries

Drg. Donna Pratiwi, Sp.Prosto

Drg Donna Pratiwi Mengemban Misi Moril #IndonesiaFreeCaries

Sosok dokter gigi yang bernama lengkap Donna Pratiwi kelahiran Jakarta, 29 September 1976 bukan nama baru di kalangan kedokteran gigi Indonesia. Selain pernah berkarier sebagai dosen Prostodonsia di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof Dr Moestopo Jakarta, Drg. Donna Pratiwi, Sp.Prosto adalah dokter gigi dengan spesialisasi gigi tiruan lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun 1999.

Ia juga berpredikasi lulusan dokter gigi spesialis dengan masa pendidikan tercepat dengan menyelesaikan kurikulum pendidikan spesialis 6 semester dalam waktu 2 tahun di FKG-UI pada tahun 2002, Menjadi dokter gigi adalah bagian dari tugas mulia. Apalagi, bisa berbuat sesuatu dan melayani kepentingan bangsa dan negara. Bercita-cita sejak kecil ingin menjadi seorang dokter, akhirnya mimpi tersebut kesampaian juga.

Dari pengalamannya sebagai akademis dan praktisi, Drg Donna sudah menulis 2 buku yang dirilis dibawah penerbit Gramedia. Dua buku tersebut berjudul “Gigi Sehat, Merawat Gigi Sehari-Hari” (2007) dan “Gigi Sehat dan Cantik” (2009). Kedua buku ini menjadi best sellers dan layak dikoleksi karena mengupas detil permasalahan seputar gigi. Buku ini membantu upaya mengatasi permasalahan gigi dengan memberikan anjuran kesehatan gigi secara praktis. Selain itu, buku ini juga mengajak kita untuk mengenal seluk beluk dokter gigi berikut perawatannya. Karena siapapun ingin memiliki gigi sehat, kuat, dan bersih. Akan tetapi hingga saat ini masih ada yang mengabaikan kesehatan gigi dan beranggapan hal tersebut tidak terlalu penting. Padahal, kerusakan gigi dapat mempengaruhi kesehatan tubuh lain yang akhirnya mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pelayanan

Untuk itu, Drg Donna berkeinginan mewujudkan sebuah misi atau gerakan moril bernama #IndonesiaFreeCaries. Rencananya program ini akan dilaksanakan secara nasional, mulai dari tingkat SD hingga memberikan pelayanan kepada masyarakat umum. Bersama tim #IndonesiaFreeCaries. Drg. Donna akan memberikan pelayanan kesehatan gigi secara massal.
“ Ke depannya masyarakat Indonesia memiliki kesadaran penuh akan pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak usia dini. Orang Indonesia harus terbebas dari karang gigi yang menjadi cikal bakal gigi berlubang”, ujar dokter pengagum band Michael Learn To Rock ini.

Seiring perjalanan waktu yang dirintis from zero, tentunya dengan paradigma berestetika, Drg. Donna memaparkan sebuah alasan mengenai veneer gigi (teknik pelapisan gigi) yang baik dan benar untuk kecantikan dan kesehatan gigi. Saat ini, veneer gigi tengah menjadi trend di kalangan selebritis dan sosialita tanah air. Namun, banyak calon pasien yang menganggap veneer gigi hanya urusan kecantikan semata, tanpa perlu penanganan khusus. Padahal, veneer gigi kepada pasien harus dilakukan oleh pakar atau dokter gigi spesialis prostodonsia yang berpengalaman. Drg. Donna adalah salah satu master atau ahli veneer gigi di Indonesia.

Menurut Drg. Donna, “saat ini di masyarakat sering terjadi malpraktek dalam menangani veneer gigi, makanya sering saya sampaikan disetiap kesempatan seminar ketika saya sebagai pembicara, karena yang dirugikan pasien,semoga dengan informasi yang sampai ke masyarakat melalui media tentunya, kedepannya tak ada lagi malpraktek seperti ini”.

Meski berkarier sebagai dokter ahli spesialis perawatan kesehatan gigi dan kecantikan gigi, Drg Donna tak lepas dari tanggung jawabnya sebagai seorang istri dan ibu. Ia menikah dengan Andi Era Sebayang dan sudah memiliki dua jagoan. Menurutnya, “Perjuangan Kartini Indonesia diera millenial sepert sekarang ini harus sukses di karir dan keluarga, keduanya sepatutnya dijadikan energi positif dalam bermisi dan berinovasi”.

“Saya termasuk wanita pekerja keras dan gigih dalam mewujudkan pemikiran-pemikiran yang inovasi,terutama untuk kepentingan orang banyak, karena itu bagian dari tugas mulia seorang dokter. Makanya selain saya secara profesi sebagai dokter ahli penanganan veneer gigi, secara idealis saya juga ingin menjalankan program Indonesia Free Caries ini, agar generasi Indonesia kedepan terbebas dari gigi berlubang yang disebabkan karang gigi” tegas Drg. Donna ketika ditemui di kliniknya dibilangan Pondok indah.

Untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam perawatan kesehatan gigi dan kecantikan gigi, gerai praktek Drg. Donna bernama MERIDIEN yang dapat dijumpai di kawasan Pondok Indah, tepatnya jalan Margaguna Raya no.9, Pondok Indah, Jakarta Selatan dan BSD City, Ruko Versailles Blok FB no.25 Serpong.

sumber:suara pembaruan

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 KPU KAB. PURWAKARTA
beboop BANASPATI PMI brebes
Pengumuman KPU Kota Malang Pengumuman KPU Kab. Tegal Pengumuman DCT Kota Tegal brebes