background img
bank bjb
Najwa Shihab Masuk Bursa Moderator Debat Capres-Cawapres

Najwa Shihab Masuk Bursa Moderator Debat Capres-Cawapres

JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima sejumlah nama presenter dan jurnalis televisi yang diusulkan oleh stasiun televisi atau lembaga penyiaran untuk menjadi moderator debat calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019.

Ketua KPU, Arief Budiman, mengatakan pihaknya telah menerima nama-nama yang diusulkan tersebut, yakni Najwa Shihab, Ira Koesno, Bayu Sutiyono, Tomi Tjokro, Alvito Deanova dan Prabu Revolusi. Nama-nama ini dibahas KPU dengan tim sukses pasangan calon Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan calon Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Nama-nama itu tadi dibahas dalam rapat dengan perwakilan televisi atau lembaga penyiaran, TKN dan BPN," ujar Arief Budiman di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Rabu (26/12).

Arief mengatakan nama-nama tersebut belum diputuskan menjadi moderator resmi lima kali debat capres-cawapres. KPU bersama stasiun televisi atau lembaga penyiaran, TKN dan BPN akan melakukan pertemuan lagi pada Jumat, 28 Desember 2018 mendatang.

"Nanti akan bertemu kembali pada Jumat 28 Desember. Kalau bisa untuk lima kali debat sekaligus akan diputuskan (namanya)," tandas dia.

Sesuai dengan kesepakatan KPU, stasiun televisi, TKN dan BPN, moderator debat wajib memenuhi kualifikasi sebagai berikut, yakni mempunyai integritas, jujur, dan simpatik; bersikap netral, tidak memihak, dan tidak mempunyai hubungan dengan capres-cawapres dan mempunyai kemampuan tampil serta berbicara di hadapan publik.

Sedangkan peran dan kewajiban Moderator adalah, pertama menjaga keberimbangan perlakuan dan kesempatan kepada setiap pasangan calon. Kedua, moderator memberikan kesempatan yang sama bagi setiap pasangan calon, baik dari sisi waktu maupun bobot pertanyaan. Ketiga, moderator memberikan kesempatan yang sama bagi setiap pasangan calon untuk menjawab pertanyaan selama 60 (enam puluh) detik. Dan moderator dilarang memberikan opini, komentar, penilaian, dan kesimpulan terhadap jawaban atau tanggapan pasangan calon. (spn/SP)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
PMI gratisa Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS