background img
bank bjb
Insentif Ketua RT dan RW Songgom Naik 100 persen

Insentif Ketua RT dan RW Songgom Naik 100 persen

Brebes -- Para ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Kecamatan Songgom tersenyum gembira, setelah mendapat kabar kalau insentifnya naik 100 persen. Tidak seperti desa-desa di kecamatan lainnya yang hanya mendapat Rp 500 ribu pertahun, kini seluruh Ketua RT dan RW di kecamatan Songgom mendapatkan Rp 1 juta pertahun, mulai 2019.
“Para Ketua RT dan RW tampak sumringah karena tahun 2019 akan mendapat insentif  Rp 1 juta pertahun,” tutur Camat Songgom Mohammad Sodiq kepada Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat Pembinaan RT RW di Aula Kecamatan setempat, Selasa (22/1).

Sodiq memaparkan, di wilayahnya terdapat 329 ketua RT dan RW yang pada tahun 2018 lalu mendapatkan insentif dari Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 500 ribu pertahun.  Namun berdasarkan kesepakatan, mulai  tahun 2019 naik menjadi Rp 1 juta pertahun.
Menurutnya, RT dan RW merupakan tingkatan terkecil dalam urusan mensejahterakan masyarakat. Maka Ketua RT dan RW yang menjadi mitra pemerintahan desa yang lebih dekat dengan warganya harus pula diperhatikan kesejahteraanya. Sebab tanpa peran dan dukungan kinerja yang maksimal dari mereka, sulit terciptanya pembangunan yang merata di tingkat desa.

"Bupati menggelontorkan Alokasi Dana Desa, di dalamnya terdapat permohonan insentif ketua RT dan RW. Sekarang ini, menunggu kepala desa melakukan pencairan ADD. Kalau bulan Februari bisa mengajukan pencairan, maka bisa langsung dibayarkan," jelas Sodiq

Sebelumnya, lanjut Sodiq, hanya ada tiga desa yang berencana menaikkan insentif bagi ketua RT dan RW. Namun setelah diadakan pertemuan antar kepala desa, akhirnya disepakati semua mendapatkan Ketua RT dan RW di 10 desa mendapatkan Rp 1 juta pertahun.
Dengan naiknya insentif tersebut, Sodiq berharap kepada Ketua RT dan RW untuk meningkatkan kinerjanya dalam melayani semua kebutuhan warganya.Sejak Kepemimpinan Idza Priyanti dan Narjo melalui program enam pilarnya, memberikan insentif kepada seluruh Ketua RT dan RW  se Kabupaten Brebes.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH di awal 2019 secara marathon melakukan pembinaan kepada Ketua RT dan RW di masing masing Kecamatan. Kegiatan ini untuk lebih mengakrabkan antara Bupati dan para Ketua RT RW serta menyerap berbagai persoalan yang mengemuka di masyarakat. Bupati juga menyampaikan program progam pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. Dengan harapan informasi yang disampaikan bupati bisa sampai kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Brebes.
"Kedudukan saudara sangatlah strategis, karena lebih tahu kondisi masyarakat serta dapat mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung,” puji Bupati kepada ratusan ketua RT dan RW di di Aula Kecamtan Songgom.

Selain iatu, Idza berpesan kepada para Kepala Desa yang juga hadir dalam pembinaan tersebut agar alokasi dana desa bisa digunakan untuk pembangunan dan kebutuhan dasar masyarakat seperti bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Dengn penggunaan yang sebaik mungkin dan bersinergi dengan ketua RT dan RW maka akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Pengalokasian dana desa, menurut Idza tidak melulu untuk pembangunan infrastruktur saja. Namun bisa digunakan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Brebes.

Turut hadir Kepala Bagian Penanggulangan Kemiskinan Setda Brebes Ratnawati, para kepala desa, serta perangkat desa di Kecamatan Songgom. Sebelumnya, Bupati melakukan pembinaan yang sama di Kecamatan Larangan.

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
PMI gratisa BANASPATI amanah umah thomson radio
Pengumuman KPU Kota Malang BUS JAKEL HOLYDAY MINICON1 IKLAN SALES MOTOR