background img
bank bjb
Aida Ratu Duta Puteri Pendidikan Jawa Barat III Tahun 2019

Aida Ratu Duta Puteri Pendidikan Jabar III tahun 2019 bersama Asep Ruslan Ketua Yayasan YARLA (Foto : Arus)

Aida Ratu Duta Puteri Pendidikan Jawa Barat III Tahun 2019

(Pendidikan karakter penting dalam membentuk kepribadian seseorang agar menjadi pribadi yang baik)

BANDUNG - Menjadi bangsa yang maju tentu cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa maju atau tidaknya suatu negara di pengaruhi oleh faktor pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan, sehingga suatu bangsa dapat diukur apakah bangsa itu maju atau mundur, karena seperti yang kita ketahui bahwa suatu Pendidikan tentunya akan mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas baik dari segi spritual, intelegensi dan skill dan pendidikan merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa. Apabila output dari proses pendidikan ini gagal, maka sulit dibayangkan bagaimana dapat mencapai kemajuan.

Bagi suatu bangsa yang ingin maju, pendidikan harus dipandang sebagai sebuah kebutuhan sama halnya dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Maka tentunya peningkatan mutu pendidikan juga berpengaruh terhadap perkembangan suatu bangsa.

Pendidikan karater adalah pendidikan yang dilakukan untuk membentuk kepribadian seseorang agar menjadi pribadi yang baik. 

Pendidikan karakter sangat penting bagi kita terutama bagi anak-anak yang masih dalam dunia pendidikan, karena pendidikan karakter dalam dunia pendidikan ini dijadikan sebagai wadah atau proses untuk membentuk pribadi anak agar menjadi pribadi yang baik. Sebagai tenaga pendidik seorang guru juga perlu memberikan contoh perilaku yang baik kepada peserta didik, karena perilaku guru merupakan teladan bagi anak didik. Dalam dunia pendidikan memang pendidikan karakter sangat di butuhkan oleh peserta didik untuk membentuk pribadi yang baik, bijaksana, jujur, bertanggung jawab, dan bisa menghormati orang lain.

Karakter merupakan hal yang pribadi untuk diketahui oleh semua orang, karena karakter seseorang terbaca tidak hanya dengan sekali atau dua kali dalam berinteraksi melainkan kecenderungan untuk tetap selalu berinteraksi satu sama lain akan membuat satu sama lain mengerti akan karakter masing-masing.

Karakter seseorang merupakan penggabungan dari watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak.

Kebijakan sendiri yang merupakan bagian dari karakter merupakan sejumlah nilai moral, dan norma, seperti jujur, berani bertindak, dapat dipercaya, dan hormat kepada orang lain. Interaksi seseorang dengan orang lain menumbuhkan karakter masyarakat dan karakter bangsa.

Pernyataan ini disampaikan oleh Aida Ratu (23 tahun) Duta Puteri Pendidikan Jawa Barat III tahun 2019 usai diskusi dengan nara sumber Asep Ruslan Ketua Yayasan Rahmat Lil Alamin (YARLA), yayasan yang menaungi lembaga pendidikan SMK Nagrak dan Pondok Pesantren Nagrak yang berlokasi di Desa Nagrak Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta, terkait Penerimaan Siswa Baru SMK Nagrak tahun ajaran 2019-2020 dan pemberian Full Beasiswa atau Biaya Pendidikan Gratis bagi siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu agar anak-anaknya tidak putus sekolah, Bandung, Selasa (12/03/2019).

Dirinya merasa kagum dan termotivasi oleh perjuangan yang telah dirintis pihak yayasan dan para pengajar di SMK Nagrak dan Pesantren Nagrak. Walaupun dengan segala keterbatasan yang dimiliki, tapi berkomitmen memberikan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter, bahkan memberikan program Full Beasiswa atau Biaya Pendidikan Gratis.

"Pendidikan yang merupakan suatu wadah pembentukan karakter bangsa sudah seharusnya lebih melibatkan pendidikan ke arah atau mengutamakan akhlak untuk membentuk moral bangsa. Kita patut dukung dan membantu apa yang telah dirintis dan dilakukan oleh SMK Nagrak di Purwakarta. Karena pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi semua komponen anak bangsa yang perduli dan punya integritas," pungkas Aida mahasiswi Program Magister (S2) Matematika di Institut Pendidikan Indonesia (IPI) kabupaten Garut. (Arus)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
PMI gratisa Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS