background img
bank bjb
Achmad Fahmi: Waspada dan berhati-hati pada setiap musim kemarau

Achmad Fahmi: Waspada dan berhati-hati pada setiap musim kemarau

SUKABUMI, - Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat, agar senantiasa waspada dan berhati-hati pada setiap musim kemarau. Sebab pada setiap musim kemarau, di berbagai daerah di Indonesia termasuk di Kota Sukabumi, sering terjadi kekurangan air bersih dan kekeringan, khususnya pada lahan pertanian dan persawahan, serta dapat berdampak pada terjadinya gagal panen terhadap berbagai jenis dan produk pertanian. Selain itu, juga sering muncul berbagai jenis penyakit, seperti diare dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas), yang diakibatkan oleh debu, serta rawan terjadi bencana kebakaran.

Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi meminta kepada segenap lapisan masyarakat, agar senantiasa berupaya optimal mengantisipasi terhadap kemungkinan terjadinya kekurangan air bersih dan kekeringan, dengan menjaga dan memelihara seluruh sumber air yang ada, serta melakukan penghematan air, yakni dalam setiap menggunakan air harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Disamping itu, juga agar senantiasa mengantisipasi terhadap kemungkinan munculnya berbagai jenis penyakit, dengan senantiasa berupaya optimal menjaga dan memelihara kesehatan, serta memeriksa kondisi kesehatan ke Puskesmas atau ke Rumah Sakit. Yang tidak kalah penting, juga agar menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, dengan melaksanakan Gerakan Kebersihan dan Prokasih (Program Kali Bersih) di wilayahnya masing-masing.

Hal penting lainnya yang harus dilaksanakan oleh segenap lapisan masyarakat, yakni mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana kebakaran, dengan berupaya optimal menjauhkan barang-barang yang mudah terbakar dari berbagai sumber api, seperti kompor, tungku dan sebagainya.

Selanjutnya Wali Kota Sukabumi meminta kepada seluruh lapisan masyarakat, apabila terjadi bencana di wilayahnya masing-masing, agar segera menghubungi aparat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, atau kepada aparat kelurahan dan kecamatan masing-masing, untuk segera ditindaklajuti dan ditangani secara optimal, khususnya terhadap masyarakat yang menjadi korban bencana. Sebab pada setiap terjadi bencana di wilayah Kota Sukabumi, harus secepatnya ditangani secara bersama-sama, terpadu dan terkoordinir. Maksud dan tujuannya, untuk mejaga hal-hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak.(spn/hm).

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS