background img
bank bjb
Idza Raih Penghargaan Health Warrior Awards 2019

Idza Raih Penghargaan Health Warrior Awards 2019

BREBES,-- Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH dinobatkan menjadi salah satu pejuang kesehatan dalam acara Health Warrior Awards 2019. Idza dipandang telah memiliki kepedulian yang tinggi terhadap penurunan angka stunting di Kabupaten Brebes.

Ajang penghargaan yang digelar di Fakultas Kedokteran Trisakti ini merupakan bentuk apresiasi dari Forum Ikatan Alumni Kedokteran Seluruh Indonesia (FIAKSI) bersama PTTEP dan Dompet Dhuafa bagi sejumlah tokoh yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap dunia kesehatan di Tanah Air Indonesia.

“Alkhamdulillah, saya tidak menyangka dan bersyukur dipercaya untuk mendapatkan penghargaan sebagai pejuang  kesehatan,” kata Idza saat ditemui di ruang kerjannya, Senin (1/7).

Menurut Idza, penghargaan ini milik bersama, karena selain komitmen kuat pemerintah daerah juga masyarakat turut bergerak dan merasa peduli pada isu stunting, yaitu masalah pertumbuhan dan perkembangan anak terutama sejak 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

“Betapa pentingnya menekan angka stunting, karena jika tidak segera di cegah pada 1.000 HPK dan termasuk memberikan edukasi bagi pasangan usia subur maka angka stunting tidak bisa diturunkan,” ucap Idza.

Dilanjutkan Idza, tidaklah mudah bagi  pemerintah daerah untuk menekan atau menurunkan angka prevelensi stunting. Karena jika menangani stunting tanpa ada kebijakan yang kuat baik manajerial, anggaran, regulasi, keterlibatan tokoh agama dan tokoh masyarakat serta kemauan masyarakat yang tinggi untuk memperbaiki asupan gizi keluarga dan anaknya maka prevelensi stunting mengalami stagnan.

“Kuatnya komitmen tersebut, kami buktikan dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah, ada dokumen rencana aksi daerah (RAD) Penanggulangan Stunting, ada tim atau pokja terkait stunting, termasuk penganggaran yang kuat dan berkesinambungan,” pungkas Idza.

Idza bertekad, dalam masa kepemimpinannya angka stunting menjadi nol persen. Sehingga masyarakat Brebes hidup sehat dengan nilai gizi yang seimbang dan pembangunan pun akan maju karena didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni.

Berdasarkan hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) 2017, angka stunting yang ada di Kabupaten Brebes 28,5 persen. Angka stunting turun menjadi 32,7 persen di tahun 2017 dibandingkan pada tahun 2013 yang mencapai 47 persen. Namun, data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskerdas) 2018 belum keluar perkabupatennya, penimbangan serentak 2019 turun mencapai 11,45 persen. (Bayu Arfi/Wasdiun)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS