background img
bank bjb
Satu Jam Bersama Direktur UPBJJ-UT Bandung Enang Rusyana

Drs. Enang Rusyana, M.Pd Direktur UPBJJ-UT Bandung (Foto: Asep Ruslan)

Pendidikan Tinggi Bukan Mimpi, UT Hadir Mewujudkan Mimpi Anda

Satu Jam Bersama Direktur UPBJJ-UT Bandung Enang Rusyana

BANDUNG - Universitas Terbuka (UT) adalah perguruan tinggi negeri (PTN) ke-45, sebagai Universitas yang terpercaya dan dipecaya oleh pemerintah untuk mengemban misi memeratakan pendidikan bagi seluruh warga Negara Indonesia dimanapun mereka berada, berkomitmen penuh untuk melaksanakan mandat tersebut.

Diresmikan pada 4 September 1984 melalui Keputusan Presiden No.41 Tahun 1984, UT dirancang untuk memfasilitasi mereka yang tidak mempunyai kesempatan menyelesaikan studinya di perguruan tinggi karena berbagai hambatan termasuk faktor ekonomi, geogras dan demogras. Oleh karenanya UT hadir untuk menjangkau yang tak terjangkau.

Kantor UPBJJ-UT Bandung Jalan Raya Panyileukan No. 1A Bandung (Foto: Asep Ruslan)

“UT memiliki unit unit layanan di 40 daerah di seluruh Indonesia. Unit-unit itu disebut Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT). Salah satu di antaranya ada di Bandung, yaitu UPBJJ-UT Bandung yang melayani masyarakat di 18 kabupaten/kota,” tutur Direktur UPBJJ-UT Bandung Drs. Enang Rusyana, M.Pd kepada sinarpaginews.com di ruang kerjanya, Bandung, Jumat (16/8/20019).

Daftar 18 kabupaten/kota yang dilayani oleh UPBJJ-UT Bandung :

1. Kota Bandung

2. Kota Banjar

3. Kota Cimahi

4. Kota Cirebon

5. Kota Tasikmalaya

6. Kabupaten Bandung

7. Kabupaten Bandung Barat

8. Kabupaten Ciamis

9. Kabupaten Cirebon

10. Kabupaten Garut

11. Kabupaten Indramayu

12. Kabupaten Kuningan

13. Kabupaten Majalengka

14. Kabupaten Pangandaran

15. Kabupaten Purwakarta

16. Kabupaten Subang

17. Kabupaten Sumedang

18. Kabupaten Tasikmalaya

Respon masyarakat terhadap keberadaan UPBJJ-UT Bandung sangat bagus.

“Untuk Kota bandung sendiri paling banyak mahasiswanya ada ± 6.000 orang dari total mahasiswa UPBJJ-UT Bandung  ± 9.000 orang termasuk mahasiswa baru yang sudah tercatat sekitar ± 1.300 orang. Tahun 1994-1998 jumlah mahasiswa UPBJJ-UT Bandung sangat banyak ± 35.000 orang. Kenapa sekarang jumlah mahasiswanya turun, karena para guru SD yang sebagian besar mahasiswanya waktu itu sekarang sudah selesai pendidikannya,” ungkapnya.

Enang Rusyana besera staf UPBJJ-UT Bandung usai acara perayaan 74 tahun Hut RI 2019 (Foto: Asep Ruslan)

Selanjutnya Enang mengatakan, bahwa UPBJJ-UT Bandung memiliki mitra kerja di 18 kabupaten/kota tersebut namanya Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar).

“UPBJJ-UT Bandung memiliki mitra kerja di daerah-daerah tersebut, yaitu Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar). Mereka siap membantu melayani masyarakat yang bermaksud untuk menempuh pendidikan di UT. Mereka mempunyai informasi yang memadai tentang apa, mengapa, dan bagaimana UT. Namun apabila informasi dari para Pengurus Pokjar tersebut masih dirasa kurang memadai, UPBJJ-UT Bandung menyediakan web https://bandung.ut.ac.id/,” terang Enang.

“Web ini sebagai media yang mudah diakses, yang dapat memberikan berbagai informasi tentang UT,” tandasnya.

Enang Rusyana bersama Asep Ruslan Sinarpaginews (Foto: Asep Ruslan)

Web ini tidak hanya menyediakan informasi tentang UPBJJ-UT, namun bertaut ke web lain yang relevan; seperti web tentang sumber-sumber pembelajaran. Selain itu, web ini pun bertautan dengan web registrasi UT Online. Dengan demikian, apabila setelah memperoleh informasi yang jelas tentang UT masyarakat tertarik untuk menjadi mahasiswa UT, tidak perlu repot-repot lagi ke sana ke mari untuk mendaftarkan diri; cukup klik tautan sia.ut.ac.id. Di sia.ut.ac.id itulah calon mahasiswa mendaftarkan diri menjadi mahasiswa UT. Sangat simpel dan mudah.

 

“Web ini sangat cocok untuk menjembatani masyarakat milenial yang sibuk tetapi tetap ingin melanjutkan pendidikan tinggi di perguruan tinggi yang baik,” pungkas Direktur UPBJJ-UT Bandung mengakhiri obrolannya.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS