background img
bank bjb
Rosye Arosdiani : Jelang Musim Hujan Warga Kota Bandung Dihimbau "CERDIK'

Rosye Arosdiani : Jelang Musim Hujan Warga Kota Bandung Dihimbau "CERDIK'

BANDUNG, -- Musim hujan segera datang. Warga Kota Bandung diimbau untuk lebih waspada terhadap beberapa penyakit seperti diare, demam berdarah, chikungunya, typus, infeksi pernapasan seperti batuk pilek dan gangguan kulit.

Untuk menghindari sejumlah penyakit tersebut, warga Kota Bandung diimbau untuk CERDIK.  

"CERDIK itu singkatan, Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup Dan Kendalikan stress. Sebaik apapun pola hidup sehat, kita harus mengantisipasi dengan kegiatan itu," jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rosye Arosdiani pada Kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (3/10/2019).
 
Menurut Rosye, ketika hujan orang lebih banyak terkena dingin karena kehujanan yang lama dan suhu tubuh menurun dan daya tahan pun menurun. Maka, untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar kuat berada dikondisi ekstrim, harus berperilaku “CERDIK”.

Khusus demam berdarah yang sering menyerang saat musim hujan, Dinas  Kesehatan Kota Bandung (Dinkes) mengajak warga untuk sehat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Seperti Gerakan Satu Rumah Satu Kader Jumantik untuk Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

"Semua kewilayah telah mencanangkan gerakan itu. Wilayah biasa melaksanakannya satu minggu sekali," ujarnya.

Rosye menjelaskan, nyamuk sering menyerang di musim penghujan. Usaia hidupnya hanya 12 hari dan biasa “mencari mangsa” pada jam tertentu, yakni pagi menjelang siang dan sore hari. Agar terhindar dari gigitan nyamuk yang akan mengakibatkan penyakit, maka warga harus hidup sehat. Di antaranya, membersihkan pakaian, toilet dan lingkungan di rumah masing-masing dan sekolah.

Data tahun 2018 terdapat kasus demam berdarah di antarnya Umur 1 - 4  (43%), umur 5 - 14 (43%), umur 15 - 44 (14%) dan sisanya di atas 44 tahun. Kasus tersebut menjadi perhatian bahwa masyarakat harus lebih sehat dalam menjalankan kegiatan dengan bersih.

Di luar itu, Rosye juga menganjurkan, warga beretika ketika batuk dan bersin. Ketika sedang batuk, diimbau menggunakan tisu atau sarung tangan. Adapun ketika hanya menggunakan tangan saja, diwajibkan untuk langsung mencuci tangan.

"PHBS ini (Pola Hidup Bersih dan Sehat) harus diterapkan. Apalagi ketika musim hujan, biasanya malas untuk beraktivitas termasuk membersihkan tubuh. Maka perilaku itu, menentukan terjangkit tidaknya tubuh kita pada penyakit," tuturnya.



Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4