background img
bank bjb
Ribuan Warga Brebes Diajak Jalan Sehat dan Gowes

Ribuan Warga Brebes Diajak Jalan Sehat dan Gowes

BREBES - Jelang peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 Tahun 2019 pada 12 November mendatang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes menggelar gowes dan jalan sehat, bertempat di GOR Sasana Kridha Adhi Karsa Brebes (SKAK), Sabtu (2/11).

Mengusung tema "Generasi Sehat, Indonesia Unggul", kegiatan ini turut dihadiri Bupati Brebes Hj Idza Priyanti beserta Suami Drs H Warsidin, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, perwakilan Forkopimda, Kepala Dinas Kesehatan Brebes dr Sartono, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Direktur RSUD Brebes, pimpinan Bank BPD Cabang Brebes, Kepala Bagian dilingkungan Pemkab Brebes, Camat, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Brebes serta para peserta gowes dari Brebes, tegal dan juga pelamng turut meramaikan dan juga para pelajar dari berbagai sekolah dan masyarakat umum.

Kondisi cuaca pagi yang cerah, menambah antusias para peserta yang hadir sangat membeludak. Sebab, tak tanggung-tanggung, Dinkes Brebes telah menyiapkan puluhan doorprize menarik berupa peralatan elektronik, 55 sepeda gunung, kompor gas, satu unit lemari es dan mesin cuci yang dapat dibawa pulang.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Dinkes telah menyiapkan rute berbeda antara peserta jalan sehat dan para goweser yang dilepas keberangkatannya oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH didampingi Suami H Warsidin, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Kepala Dinken dr Sartono dan juga para kepala OPD. Bagi peserta jalan sehat, mereka memulai perjalanan pintu masuk GOR SKAK melewati Desa Kelapa Sawit, menuju Desa Padasugih dan mengambi kupon undian di halaman Balai Desa Padasugih, terus menuju jalan Taman Siswa dan finish berakhir di titik awal keberangkatan.

Sedangkan rute para goweser, dengan start dari pintu masuk GOR SKAK menuju jalan taman siswa, melewati Desa Padasugih, Wangandalem, Terlangu, Kalipucang, Kalimati, Krasak. Dilanjutkan menuju Simpang empat Desa Gandasuli memasuki jalan Malik Ibrahim Kelurahan Gandasili, dan berakhir di GOR SKAK.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan dr. Sartono menjelaskan, Hari Kesehatan Nasional (HKN) bertujuan mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Peringatan HKN di Kabupaten Brebes ke-55 Tahun 2019 dimulai dengan kegiatan “Gowes dan Jalan Sehat” yang dilaksanakan pada Sabtu (2/11) ini bertempat di GOR Sasana Kridha Adhi Karsa Brebes, pukul 06.00 pagi sampai dengan selesai. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan pelajar. Sebanyak 55 buah sepeda dan hadiah menarik lainnya.

Bukan hanya “Gowes dan Jalan Sehat”, kegiatan lomba-lomba antar karyawan dan karyawati Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, SKPD terkait serta 38 Puskesmas se Kabupaten Brebes juga akan dilaksanakan pada hari berikutnya. Rangkaian HKN 2019 akan ditutup dengan Upacara Hari Kesehatan Nasional yang akan diadakan di lapangan alun-alun Pendopo Kabupaten Brebes.

"Saatnya masyarakat membudayakan perilaku hidup sehat, seperti terhindar dari penyakit tidak menular maupun menular lainnya. Tentu, itu semua harus dilakukan sejak dini, dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di layanan kesehatan terdekat," Sartono.

Ditempat sama, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti yang membuka secara resmi kegiatan gowes dan jalan sehat HKN ke-55 itu mengucapkan, terima kasih kepada seluruh OPD, Dinas, dan Instansi serta masyarakat dari dalam Kabupaten Brebes dan luar kabupaten Brebes yang telah hadir pada kegiatan tahunan ini.

Pemkab Brebes mengapresiasi panitia Dinkes yang telah menyelenggarakan kegiatan HKN ke-55. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat Brebes dapat hidup sehat, serta menciptakan Kabupaten yang unggul dan sehat.
 
Acara pun dilanjutkan dengan pengumuman undian doorprize bagi para peserta gowes dan jalan sehat HKN 2019.(hid/was).

Berita Lainnya
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4