background img
fULL BENNER 1
Muncul Isu Liverpool Bisa Juara karena Musim Sudah 75%, Benarkah?

Muncul Isu Liverpool Bisa Juara karena Musim Sudah 75%, Benarkah?

Media sosial dibuat gempar dengan gagasan liar soal Premier League. Beberapa hari lalu, muncul isu bahwa ketika musim sudah berjalan tiga perempat atau 75% maka juara sudah bisa ditentukan dengan klasemen sementara.

Isu ini muncul di tengah penghentian sementara liga untuk melawan penyebaran virus corona. Singkatnya, Premier League yang sekarang sudah bisa diakhiri dengan Liverpool sebagai juaranya.

Gagasan ini ternyata tidak benar. Daily Star menegaskan bahwa tidak ada aturan resmi yang menyatakan bahwa Premier League sudah bisa disimpulkan jika musim sudah mencapai 75%.

Isu yang beredar di media sosial sepekan terakhir terbukti keliru. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

Tidak Benar
Daily Star menegaskan bahwa tidak ada peraturan yang mengatakan Premier League bisa disebut tuntas ketika musim sudah mencapai 75%. Saat ini Premier League ditunda sampai awal April, dengan konsekuensi bisa ditunda lebih lama lagi.

Penghentian sementara ini memunculkan perdebatan. Saat ini Liverpool unggul jauh di puncak klasemen sementara, tepatnya dengan 25 poin. Singkatnya, Liverpool sudah hampir pasti jadi juara.

Sekarang sebagian besar tim sudah memainkan 29 pertandingan, lebih sedikit dari isu 75% tersebut. Hanya Manchester City, Arsenal, Sheffield United, dan Aston Villa yang baru memainkan 28 pertandingan (73%).

Buku Panduan
Isu yang beredar di media sosial itu mengatakan bahwa jika tiga perempat musim sudah dimainkan, liga bisa diakhiri dengan klasemen saat itu. Artinya ada yang juara, ada yang degradasi, dan ada yang masuk zona Eropa dengan klasemen sekarang.

Kendati demikian, satu-satunya peraturan tentang klasemen akhir tertuang dalam peraturan C.11 di buku panduan Premier League.

"Klub yang berada di puncak klasemen di akhir musim akan menjadi juara liga."

Hanya itu, buku panduan tersebut pun tidak memberikan penjelasan definitif tentang 'akhir musim'. Artinya, bisa jadi Premier League berhak memutuskan kapan musim berakhir.

Kapan Diputuskan?
Bagaimanapun, di tengah isu-isu di media sosial dan perdebatan yang tidak kunjung usai, keputusan final baru akan dibuat pada pertemuan darurat, Kamis (19/3/2020) mendatang.

Ada sejumlah opsi yang harus dipertimbangkan Premier League, EFL, FA, dan perwakilan klub:

Membatalkan musim sepenuhnya
Mengesahkan Liverpool jadi juara dan menghapus degradasi
Menganggap klasemen sementara ini sebagai klasemen akhir
Menutup musim ini, Liverpool jadi juara, tanpa degradasi, dan musim depan jadi 22 klub (plus Leeds dan West Brom)


Sumber: Daily Star/bolanet

Berita Lainnya
Bawah 32 Square bawah bawah 34 Square samping 3