background img
Bagaimana Rasanya Melatih Lionel Messi? Luis Enrique Punya Jawabannya

Bagaimana Rasanya Melatih Lionel Messi? Luis Enrique Punya Jawabannya

Mantan pelatih Barcelona yang sekarang menangani Timnas Spanyol, Luis Enrique, membagikan sedikit pengalamannya menangani Lionel Messi, sang pemain terbaik di dunia. Tentu, Messi berbeda dari pemain pada umumnya.

Enrique merupakan salah satu pelatih yang bisa sukses di Barca, meski kariernya tidak berumur panjang. Dia tahu bahwa menangani tim yang diperkuat Messi berarti memasuki pertandingan dengan satu tangan menggenggam kemenangan.

Messi dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa, tidak perlu dibantah lagi. Berbagai rekor individu dan trofi tim telah membuatnya jadi legenda Blaugrana.

Melatih Messi tentu berbeda, sebab kemampuan individunya sudah sangat tinggi. Bagaimana pengalaman Enrique?

Bagaimana Melatih Messi?
Enrique menangani Messi antara tahun 2014 sampai 2017. Jujur, Enrique mengaku tidak banyak memberikan instruksi atau mengubah gaya bermain Messi.

Alih-alih, Enrique mengaku harus bekerja keras merancang taktik yang bisa memaksimalkan kemampuan messi dalam formasi tepat. Tim yang menyesuaikan diri dengan Messi, bukan sebaliknya.

"Bagaimana kami melatih Leo Messi? Sebenarnya ada banyak hal. Saya tidak perlu memberi tahu dia tentang cara menggiring bola atau cara mengumpan atau cara menembak, sebab dia sendiri adalah seniman dalam hal-hal itu," tegas Enrique dikutip dari Goal internasional.

"Jadi, sudah jelas bahwa kami tidak perlu memberikan saran padanya tentang hal-hal itu. Sebagai gantinya, terkait gaya bermain, situasi, atau hal-hal yang menguntungkan tim, jelas kami memberi tahu dia."

Bantuan Messi
Enrique berusaha memberikan informasi pada Messi sedetail mungkin. Tentang posisi tim, tentang gaya bermain tim. Dengan begitu, Messi sudah tahu sendiri apa yang perlu dia lakukan di lapangan.

"Tentang cara menekan lawan, tentang di mana kami inginkan suplai bola, tentang ruang kosong yang harus diciptakan di lapangan untuk menerima bola, kami berusaha memberi tahu dia soal hal-hal itu," lanjut Enrique.

Gaya melatih Enrique ini mungkin juga diterapkan oleh sebagian besar pelatih yang pernah bekerja bersama Messi di Barcelona. Intinya, mereka harus membentuk tim jadi wadah yang nyaman bagi La Pulga untuk bermain dan menyuguhkan sihirnya.

Sumber: Goal/bolanet

Berita Lainnya
pemda brebes Pemda Brebes 2 Pemda Brebes 3 Pemda Brebes 4
Square bawah 5 Square bawah 6 Square bawah 7 Square bawah 8
Bawah 34 SMK pa Asep Bawah 34 Pemda Sukabumi