background img
Leaderboard BJB 2018
Aher meresmikan pembangunan RSHP di Universitas Padjadjaran Sumedang

Aher meresmikan pembangunan RSHP di Universitas Padjadjaran Sumedang

SUMEDANG - Gubernur Jawa Barat meresmikan awal pembangunan Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) di Universitas Padjadjaran kampus Jatinangor, Sabtu (9/6). Peresmian ini ditandai dengan peletakan batu pertama bersama Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad.

Cara peletakan batu pertama ini berbeda dengan biasanya. Untuk menandai dimulainya pembangunan rumah sakit pendidikan ini, sebongkah batu dari Gunung Manglayang diletakan di atas kain putih. Kemudian gubernur, rektor, dan jajaran Fakultas Kedokteran, memegang setiap ujung kain dan berjalan membawanya ke sebuah lubang fondasi. Mereka pun meletakan batunya secara bersamaan.

Gubernur pun menceritakan sejarah kelahiran Program Studi Kedokteran Hewan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad). Saat itu pada Idul Adha 2015, katanya, ditemukan cacing di dalam hati sapi kurban. Gubernur yang akrab disapa Aher ini pun mengerahkan dokter hewan dan dinas terkait untuk memeriksa semua hewan kurban.

"Saat itu saya melihat betapa penting peran dokter hewan. Jumlah dokter hewan di kita ternyata sedikit. Di situ saya menilai harus memperbanyak jumlah dokter hewan, melalui membuka Jurusan Kedokteran Hewan," kata Aher di sela kegiatan tersebut.

Aher mengatakan di Indonesia saat itu hanya terdapat tujuh Jurusan Kedokteran Hewan dan hanya bisa menghasilkan 400 dokter hewan per tahun, padahal kebutuhan dokter hewan di Indonesia 1.200 dokter per tahun. Karenanya, Kedokteran Hewan pun dibuka di Universitas Padjadjaran.

Saat itupun, katanya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat membuka rumah sakit hewan di Lembang dan akhirnya menjadi rumah sakit hewan pertama di Indonesia. Aher mengatakan kesehatan hewan peliharaan dan hewan ternak harus dijamin kesehatannya demi kesehatan manusia.

Atas perannya dalam bidang kesehatan hewan di Jawa Barat dan Indonesia, Aher pun dalam kesempatan tersebut menerima penghargaan Manusya Mriga Satwa Sewaka dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Aher tercatat telah mempelopori Jurusan Kedokteran Hewan di Unpad, mendirikan Rumah Sakit Hewan di Lembang yang merupakan yang pertama di Indonesia, dan mendirikan Rumah Sakit Hewan Pendidikan di Unpad.

"Semoga bidang kesehatan hewan semakin lengkap, lebih banyak ahli kedokteran hewan untuk menjaga kesehatan hewan untuk kesehatan manusia," katanya yang menyatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucurkan dana Rp 20 miliar untuk pembangunan tahap awal RSHP.

Aher mengatakan tidak hanya untuk menjamin kesehatan hewan ternak, tenaga kesehatan hewan pun dibutuhkan untuk menjamin kesehatan hewan peliharaan bahkan hewan liar. Jawa Barat, katanya, harus mencegah penularan TBC dan rabies dari anjing atau monyet ke manusia.(spn/jg)

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 BREBES 3 PASLON 3 TEGAL
beboop BANASPATI PMI PASLON 4 TEGAL
Square bawah 9 Square bawah 9 Square bawah 11 PASLON 5 TEGAL