background img
bank bjb
Huawei dan Phanes Group Garap Proyek Energi Surya Terdistribusi yang Terbesar di Uni Emirat Arab

Huawei dan Phanes Group Garap Proyek Energi Surya Terdistribusi yang Terbesar di Uni Emirat Arab

DUBAI, -- Phanes Group, penyedia layanan energi surya terpadu yang berskala internasional dan berkantor pusat di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), telah bermitra dengan Huawei untuk menggarap proyek energi surya di atap bangunan dengan tegangan listrik medium. Proyek tersebut menjadi yang pertama di UEA. Proyek energi surya terdistribusi di atap bangunan ini berkapasitas 25,8 MW dan dikembangkan untuk DP World—operator pelabuhan terbesar kedua di dunia. Saat ini, proyek tersebut menjadi pengembangan energi surya terdistribusi yang terbesar di UEA, dan memiliki komposisi unik yang terdiri atas beragam jenis proyek, termasuk pergudangan, tempat parkir mobil, serta gedung perkantoran.

Proyek ini menggunakan lebih dari 88.000 panel surya, SUN2000-(8-40) KTL, seluruh seri produk Smart String Inverters dari Huawei, 25 proyek independen, masing-masing memakai Points of Connection (POC), pada 60 lebih atap bangunan dan enam jenis atap yang berbeda-beda, termasuk fasilitas energi surya untuk satu atap bangunan (2,6 MW) yang terbesar di kawasan tersebut. Proyek DP World juga memiliki 12 profil gedung yang berbeda dan digarap secara sekaligus hingga 12 proyek.

Di bawah naungan skema net-metering Shams di Dubai, proyek ini berperan penting dan menjadi proyek percontohan untuk penerapan pembangkit energi surya dengan PV terdistribusi di industri. Stefanos Lialios, Kepala Proyek, Oryx Solar Systems Solutions—bagian dari Phanes Group—menilai proyek ini memasok listrik yang stabil bagi DP World berkat kinerja smart string inverter buatan Huawei. Perangkat ini dikenal akan keandalan dan tingkat kerusakan yang rendah sejak terpasang di jaringan listrik. Phanes Group mendukung pemanfaatan smart string inverter dengan pendinginan natural di tengah cuaca yang sangat panas dan wilayah gurun, sehingga dapat mengoptimalkan biaya melalui sistem manajemen canggih (smart management).

"Kami sangat bangga dengan kemitraan dan proyek tersebut," lanjut Lialios. "Ini menjadi proyek pelopor yang akan mengawali peralihan ke industri energi surya PV di masa mendatang bagi UEA, dan kami optimistis tentang masa depan energi terbarukan di UEA."

Proyek Energi Surya DP World memanfaatkan radiasi natural yang tinggi untuk menghasilkan listrik sebanyak 35.734 MWh per tahun dan menyingkirkan lebih dari 21.000 ton CO2 per tahun. Proyek ini diakreditasi di dalam Kegiatan Proyek Komponen Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berskala Kecil (UN Component Project Activities for Small-Scale Solar) di UEA, serta berkontribusi terhadap Strategi Energi Terpadu 2030 bagi Dubai dan visi UEA 2021 demi lingkungan hidup yang lestari. Phanes Group dan Huawei akan terus bekerja sama dalam pengembangan pembangkit listrik tenaga surya PV yang lebih efisien di seluruh dunia.
sumber: PR Newswire

Berita Lainnya
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4